page contents

Senin, 05 November 2012

Kalangan Berpendidikan Menjadi Korban Kejahatan di Internet

Kejahatan pada media cyber (maya) semakin banyak terjadi. Berbagai modus yang dilakukan oleh pelaku kejahatan pada kecanggihan teknologi ini sulit untuk dihindari. Direktur Kriminal Khusus Polda Metrojaya Sufyan Syarif mengatakan, sebanyak 925 kasus kejahatan cyber crime (kejahatan pada dunia maya) terjadi pada 2011.

"Laporan yang masuk, untuk kejahatan yang terjadi pada dunia cyber dalam satu hari bisa mencapai 9 atau 10 kasus. Dapat disimpulkan bahwa dunia maya merupakan kebutuhan yang bagaikan makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia, dan dampak yang ditimbulkan juga signifikan seperti penipuan juga penghinaan," kata Sufyan di Mapolda Metro Jaya, Senin (5/11/2012).

Menurut Sufyan, kejahatan di dunia maya melebihi tingkat kriminalitas yang lain. Jika dibandingkan bisa mencapai lima kali lipatnya. Segmentasi pelapor yang menjadi korban kejahatan dunia cyber pun lebih banyak dari kalangan masyarakat berpendidikan dan kelas menengah ke atas. Modus penipuan berupa investasi, jual beli barang, merupakan salah satu modus utama yang membuat masyarakat menjadi terpengaruh dengan tawaran keuntungan yang dihadirkan oleh pelaku kejahatan di dunia cyber.

"Seharusnya masyarakat lebih memahami dan mengerti serta bijak dalam menggunakan teknologi, mengakses dunia cyber agar tidak mengalami kejahatan-kejahatan yang terjadi akibat kecanggihan teknologi tersebut," ujar Sufyan (kompas.com)

0 komentar

 
© Article Directory
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top