page contents

Rabu, 31 Oktober 2012

Penyebab Sakit Jantung

Rohit R Arora, profesor kardiologi dari Chicago Medical School memperingatkan bahwa kurang tidur maupun tidur berlebih sangat berkaitan dengan faktor resiko gangguan pada jantung. Dari penelitian pada 3.019 pasien usia 45 tahun ke atas, dia menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam sehari punya peningkatan risiko serangan jantung, stroke, dan gagal jantung.

Analisis lebih detail menyebut bahwa merekayang terbiasa kurang tidur 2 kali lebih mungkin mengalami serangan jantung dan stroke, dan 1,6 kali lebih mungkin mengalami gagal jantung. Sementara mereka yang doyan tidur berlebihandua kali lebih mungkin mengalami angina dan 1,1 kali lebih mungkin mengalamijantung koroner. “Tidur dapat mempengaruhi kesehatan jantung, dan iniharus menjadi prioritas,” kata Arora

Dalam penelitian terdahulu, penelitian lebihfokus terhadap efek buruk kurang tidur yang dikaitkan dengan kelainan sistemsaraf simpatik, intoleransi glukosa, peningkatan kadar kortisol, tekanan darah,dan gangguan denyut jantung. Yang semua ini berhubungan dengan gangguankardiovaskuler.

Arora mengatakan bahwa durasi tidur harusmenjadi perhatian dokter. Ia melihat banyak dokter yang mengesampingkan polatidur dalam diagnosis yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Menurutnya, durasi tidur ideal adalah delapanjam sehari. Tidur kurang dari enam jam dan lebih delapan jam sehari justru mempercepat kerusakan sel tubuh yang berpotensi mengurangi harapan hidup. (kamusilmiah.com)

0 komentar

 
© Article Directory
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top